Friday, February 17, 2012

Touring episode #1

Assalamualaikum..

Pertama-tama saya mau numpang corat coret disini (boleh ya..). Disini saya mau mereview pelayanan dari bus-bus AKAP. Kali ini bus yang saya naiki adalah bus Laju Prima dengan rute Tangerang-Magetan. Karena saya cuma sampe solo, jadi harga tiketnya 115 ribu aja (kalo sampe Magetan 120 ribu).

dapet seat 1A.. yess
Fasilitas dari bus berkelas VIP ini diantaranya:
  • seat 2-2
  • AC(Air Conditioner)
  • bantal+selimut
  • toilet
  • smoking room
  • service makan (kalo dari arah barat di RM. Taman Sari, kalo dari timur di RM. Raos Eco).

Laju Prima | LP62 | Ampera-Magetan | Hino RK8 | Adiputro NewMarcopolo
Sesuai dengan yang tertera ditiket, bis ini berangkat dari agen ampera tepat pukul 14.00, kemudian bis ini berhenti di beberapa agen buat ngambil penumpang. Setelah semua penumpang naik, pak supir pun langsung tancap gas di tol Jakarta-Cikampek. Selama diperjalanan saya sering ngelirik speedometer bus ini, dan topspeed bus ini adalah 120km/h!!.. Tapi kok ngga terasa kenceng ya? mungkin karena waktu itu jalan tol agak sepi kali ya..

Pukul 18.40, bis pun tiba di RM.Taman Sari (akhirnya makan juga). Udah jadi kebiasaan kali yah, kalo sampe RM saya pasti langsung ke toilet..hihihi.. Sayang, toiletnya kurang bersih dan bau. Tapi udahlah ngga usah mikirin toilet, sekarang yang penting makan. Menu makan malam itu adalah nasi, ikan goreng, sayur (entah sayur apaan), dan teh anget.. Mau tau rasanya?? rasanya aneh, ngga tau perut saya yg salah apa menunya yang emang aneh. Berhubung waktu itu udeh laper banget, yaudah dimakan aja deh yang ada.

30 menit kemudian ada pengumuman kalo bis LP62 mau berangkat, penumpang pun naik kembali ke bis (ya iyalah, masa mau nginep di RM). Bis pun berangkat dengan supir ke-2 (pak Junaedi). Nahh, It's Showtime.. Buat yg suka berolahraga jantung cocok banget dah naik bis ini. Trek lurus pantura memang memanjakan supir-supir bus malam, karena mereka bisa gas poolll.. Pak supir pun melakukan manuver-manuver yang bikin jantung deg-degan (tapi tetep safety first), mirip-mirip sama adegan di film "fast & furious" deh, apalagi saya duduk di seat 1. Eh, baru setengah jam jalan, tiba-tiba ujan deres banget, pak supir pun mengurangi kecepatan karena jarak pandang yang berkurang.

mirip lah kaya film "fast & furious"
Berhubung ujan, jadi bisnya gak terlalu kenceng jalannya. Pas saya intip sih speednya antara 60-80km/h. Yaudah tidur ajalah, yang di seat sebelah saya juga udah tidur tuh, udh pules banget kayanya..hehe..

Tiba-tiba saya bangun, dan bis udah sampe RM. Raos Eco (jangan harap makan gratis disini, tiket makan cuma buat makan yg di RM. Taman Sari). Sayapun langsung menuju toilet (seperti biasa), kali ini toiletnya bersih, lebih okelah daripada yang tadi. Abis itu, saya duduk-duduk dulu didepan RM sambil ngeliatin penumpang yang pindah bis, berhubung bis yang saya naikin lewat solo jadi ngga usah pindah. Eh, yang duduk disebelah saya tadi pindah bis tuh, ternyata dia mau ke Ponorogo (yah ngga ada temen sebangku deh.. hehe). Disini berhentinya sebentar doang, kira2 15-20 menit.
liat tuh, sangar kan bisnya kalo malem, full LED
Bis pun kembali melanjutkan perjalanan kira2 pukul 2.20, berhubung masih ngantuk, sayapun tidur lagi. Karena saya udah bilang ke kernetnya supaya dibangunin kalo udah sampe solo, jadi saya tenang-tenang aja.. Dan si kernet pun bangunin saya, ternyata udah sampe terminal, terus saya bilang kalo turun di depan UNS, dan pukul 4.30 saya turun dan sampai dengan selamat.. horeee

Nah, udah nyampe nih, waktunya menilai pelayanan bis Laju Prima ini (penilaian ini menurut saya ya)
Kelebihan:
  1. Harga tiket terjangkau
  2. Bisnya bersih dan nyaman
  3. Kru (sopir & kernet) ramah sama penumpang
  4. Ontime
Kekurangan:
  1. Menu makan seadanya
  2. Toilet di rumah makan kotor
  3. Waktu istirahat makan terlalu cepat, penumpang jadi terburu2 takut ketinggalan bis
Kesimpulannya sih bisnya enak, seatnya juga nyaman, apalagi kru nya yang ramah sama penumpang. Tapi sayang pelayanan di rumah makan yang agak kurang. Saran saya si ownernya cari RM yang lain, ngga apa-apa deh kalo tiketnya naik 5000 yang penting RM nya nyaman dan makanannya enak.
 
Demikian report perjalanan saya, semoga bermanfaat :)
Sampai jumpa di report touring yang selanjutnya (do'ain saya punya duit banyak ya biar bisa touring terus.. hihihi)
wassalamualaikum.. :)

1 comment: